Isi dari title tag Ulasan Lensa Canon 50mm f/1.8 II Lensa Murah Dengan Hasil Mumpuni Ulasan Lensa Canon 50mm f/1.8 II Lensa Murah Dengan Hasil Mumpuni | JAVATECH Ulasan Lensa Canon 50mm f/1.8 II Lensa Murah Dengan Hasil Mumpuni | JAVATECH

Tuesday 8 December 2015

Ulasan Lensa Canon 50mm f/1.8 II Lensa Murah Dengan Hasil Mumpuni

Lensa Canon 50mm f/1.8 II : Lensa murah dengan hasil mumpuni



Judul diatas tentunya bukan hanya pemikat untuk menarik minat pembaca, karena memang demikian adanya, canon memiliki 1 buah lensa fixed dengan harga kurang dari Rp. 1.100.00,- namun memiliki kemampuan yang luar biasa. Lensa apakah itu ? kalau anda menebak lensa canon fixed 50mm f/1.8 II, anda sudah benar. Jangan tertipu dengan harganya yang murah, karena lensa ini mampu menghasilkan gambar yang tajam dan sangat baik digunakan dalam kondisi minim cahaya karena memiliki f/1.8. Lensa ini pertama kali diproduksi tahun 1991 menggantikan lensa pendahulunya yakni canon 50mm f/1.8 yang tidak diproduksi lagi pada tahun 1990.
Lensa ini sangat cocok digunakan untuk fotografi portrait pada kamera APSC karenacrop factor, focal length yang dihasilkan pada kisaran 80mm, dan masuk dalam range medium telephoto. Dengan bobot hanya 130g, lensa ini merupakan lensa ter ringan jajaran lensa EF canon. Lensa ini menggunakan Guassian Optik yang dapat menghasilkan fokus yang tajam dan detail namun sayangnya Fitur Auto Fokus lensa ini terbilang agak lambat dan terdengar cukup berisik terutama dalam kondisi kurang cahaya. Fokus manualnya pun berbeda yakni terletak dibagian paling luar/paling depan lensa dengan bentuk cincin yang agak kecil(seperti ditunjukkan gambar) sehingga agak sulit dioperasikan. Bodi yang terbuat dari plastik merupakan kekurangan lain dari lensa ini, sehingga kita harus berhati-hati menjaganya terutama dari benturan-benturan keras. Hal ini bisa dimaklumi, karena bodi plastik inilah yang membuat harganya murah, dengan kualitas elemen-elemen lensa yang tetap baik.
Dengan bukaan aperture yang lebar yakni 1.8 lensa ini memiliki Depth of Field yang sangat sempit dan menghasilkan bokeh yang baik yang tentunya lebih baik dibanding lensa zoom 18-55mm. Walaupun tidak dilengkapi dengan fitur IS(Image Stabilization) lensa ini terbilang sangat mudah dioperasikan(tanpa tripod) dan jarang mendapatkan gambar yang buram.
Dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan/kekurangan yang dimiliki oleh lensa canon 50mm f1.8 saya pribadi menyimpulkan bahwa lensa ini adalah lensa yang sangat layak untuk dimiliki, bahkan berbagai situs review lensa online menyimpulkan bahwa lensa ini adalah lensa yang memuaskan dan forum online yang memberikan review positif bahkan mereka menyebutnya dengan julukan “nifty fifty” dan “fantastic plastic”.
Berikut adalah gambar yang saya ambil menggunakan lensa canon 50mm 1.8 dipekarangan rumah, tanpa menggunakan tripod, hanya cahaya alami dan tanpa editing hehehe.............:





No comments:

Post a Comment